Hari Ke - 3

salam hangat....di ruangan yang dingin...

sobat, hari ini tepatnya Rabu 20 Maret 2013 adalah hari ke 3 saya mengikuti pelatihan tentang pemanfaatan TIK bagi guru yang diselenggarakan oleh BTIKP Prov Kal Sel...

Subhanallah... ilmu baru lagi yang didapat, semoga menjadi kebermanfaat yang banyak nantinya bagi saya begitu juga orang di sekitar saya.

Hari ini materinya tentang PSB ( Pusat Sumber Belajar ) waaahhhh tenyata ini adalah suatu aplikasi seperti web tapi bisa secara ofline atau tanpa jaringan, bisa share info, bahan ajar, video dan segalanya, tapi alangkah bagusnya lagi jika suatu sekolah membuka jaringan sehingga aplikasi bisa dibuka oleh semua orang yang berhubungan dengan sekolah tersebut.

adapun pengertian khususnya seperti ini :

"Suatu unit dalam suatu lembaga (khususnya sekolah/universitas) yang berperan mendorong efektifitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi fungsi layanan (layanan sumber belajar, pelatihan, konsultansi pembelajaran, dll), fungsi pengadaan/ pengembangan, fungsi penelitian dan pengembangan, dll."

 
Tujuan PSB

Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran melalui Pemanfaatan berbagai sumber belajar secara maksimal dan melembaga.

Manfaat

• Memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar;
• Melayani kebutuhan perkembangan informasi bagi masyarakat belajar;
• Meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran,baik secara individu maupun kelompok;
• Memberikan pelayanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem pembelajaran;
• Mendorong cara-cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran
• Memajukan usaha penelitian yang perlu tentang penggunaan media pembelajaran;



semoga saya bisa menjalankan aplikasi tersebut di sekolah saya, karena ini akan memudahkan semua guru dan murid

 
0 Responses