Pemanfaatan TIK Bagi Pendidikan Anak Usia Dini
Jangan terlambat
belajar, bahkan dari dalam kandungan harus sudah mulai belajar karena masa golden
age anak tidak terulang kembali dan ini adalah hal yang sangat penting jangan
sampai terlambat.
Usia dini = golden age
-
- 80 % otak berkembang pesat di usia ini
- - Merupakan usia pondasi untuk kemampuan
pengindraan, berkomunikasi dan pembentukan karakter
- - Hanya sekali dating terlambat akan rugi
sepanjang hidup.
Trend perubahan
dalam pembelajaran
- - Berpusat pada guru >>>>
terpusat pada siswa / siswa juga menjadi sumber belajar bagi temannya
-
- Single media >>> multimedia
- -
Kerja terisolasi >>> kerja
kolaborasi
- -
Pengiriman informasi sepihak >>> pertukaran infomasi
-
- Pembelajaran pasif >>> pembelajarn
aktif / inquiry-based
-
- Bersifat factual >>> cara
berfikir kritis
- - Respon reaktif >>> proaktif /
tindakan terencana
- -
Konteks artificial >>> konteks
dunia nyata
Tahap Penerapan TIK di
kelas
-
Emergening >>> mulai mengenal
-
Applying >>> mulai menggunakan
TIK
-
Integrating >>> menggunakan
TIK untuk pembelajaran
-
Transforming >>>TIK digunakan
untuk semua proses pembelajaran
Dimanakah posisi kita
???
Guru = pusat
pembelajaran ------///////------ Siswa
= Pelaku Pembelajaran + Guru = Sutradara
Belajar, sumber
belajar dan pembelajaran
- -
Proses pembelajaran hanya terjadi jika ada
Interaksi antara learned dengan sumber belajar
- -
Guru hanya satu jenis sumber belajar,
tugas guru menciptakan interaksi
- - Semakin banyak jenis sumber belajar,
semakin besar kemungkinan terjadinya proses belajar
- Definisi mengajar
>>> kegiatan yang terencana untuk Menciptakan terjadinya Kegiatan Belajar untuk
orang lain
Tugas Guru
-
Menyediakan sebanyak mungkin sumber
belajar
-
Memberi kesempatan sebanyak mungkin
siswa berinteraksi dengan sumber belajar
Guru ke 3 yang sangat
fenomenal sekarang adalah TIK/ Media/ internet/ Gadget
-
TIK adalah bagian hidup dari anak
sekarang
-
Kaum digital suka media yang multi
tasking
-
Ingat !!!! TIK bukan segala-gala nya
hati-hati dengan Internet
- Konten-konten pendidikan banyak tapi
TIK hanyalah media, secanggih apapun media pasti punya kelemahan
-
Maka Guru tetap di perlukan karena guru
bukan hanya transfer ilmu tapi adalah menciptakan kegiatan belajar dengan
berbagai sumber belajar dan menjadi pembimbing dan mengarahkan.
Pemanfaatan ICT/ TIK
-
Gudang Ilmu pengetahuan
-
Alat bantu pembelajaran
-
Fasilitas pendidikan
-
Standar Kompetensi
-
Penunjang Administrasi Pendidikan
-
Alat Bantu Management sekolah
-
Infrastruktur sekolah
Program unggulan
PUSTEKKOM tersedia 13610 bahan belajar
digital dan Gratis !!!
-
Rumah belajar
-
Portal m-edukasi.net
-
Suara edukasi
-
Film pendidikan
-
Anugrah kihajar
Jenis Layanan BPMRPK
-
Model-model pembelajaran berbasis media
radio/audio
-
Bahan siar radio pendidikan (on air)
-
Bahan ajar audio pendidikan
Media Audio
-
Bisa asal tepat sasaran
-
Semua jenis media punya kelebihan dan
kekurangan
-
Media audio : praktis, murah, mudah
diterapkan, cocok dengan tingkat kesiapan anak
-
Audio mampu ciptakan imajinasi anak dan
tumbuhkan karakter
Produk BPMRPK Untuk
PAUD > MAPAUD
Adalah produk
berbentuk rekaman audio yang dikemas dalam kaset/ cd yang berisi materi
auditif-kreatif , menerapkan prinsip belajar dengan bermain melalui bernyanyi,
mendongeng, permaianan dan nyanyian dan
permainaan, dimanfaatkan secara klasikal, mengandalkan audio sehingga siswa
lebih konsentrasi, berorentasi pada perkembangan anak PAUD dan di awasi oleh
guru
-
MAPAUD Permainan
-
MAPAUD Nyanyian
-
MAPAUD Cerita
-
MAPAUD bermain sambil menyanyi
Radio edukasi
Proses pembelajaran
akan terjadi karena interaksi antar siswa, antar lingkungan, antar sekolah dan
guru membuat anak melakukan interaksi itu
www.radioedukasi@kemdikbud.go.id