Pemanfaatan TIK Bagi Pendidikan Anak Usia Dini



Jangan terlambat belajar, bahkan dari dalam kandungan harus sudah mulai belajar karena masa golden age anak tidak terulang kembali dan ini adalah hal yang sangat penting jangan sampai terlambat.

Usia dini = golden age
-          - 80 % otak berkembang pesat di usia ini
-         - Merupakan usia pondasi untuk kemampuan pengindraan, berkomunikasi dan pembentukan karakter
-         - Hanya sekali dating terlambat akan rugi sepanjang hidup.

Trend perubahan dalam  pembelajaran

-    - Berpusat pada guru >>>> terpusat pada siswa / siswa juga menjadi sumber belajar bagi temannya
-          - Single media >>> multimedia
-          -   Kerja terisolasi >>> kerja kolaborasi
-          -   Pengiriman informasi sepihak  >>> pertukaran infomasi
-          - Pembelajaran pasif >>> pembelajarn aktif / inquiry-based
-          - Bersifat factual >>> cara berfikir kritis
-           -   Respon reaktif >>> proaktif / tindakan terencana
-           -  Konteks artificial >>> konteks dunia nyata

Tahap Penerapan TIK di kelas

-          Emergening >>> mulai mengenal
-          Applying >>> mulai menggunakan TIK
-          Integrating >>> menggunakan TIK untuk pembelajaran
-          Transforming >>>TIK digunakan untuk semua proses pembelajaran

Dimanakah posisi kita ???
Guru = pusat pembelajaran  ------///////------   Siswa = Pelaku Pembelajaran  + Guru = Sutradara

Belajar, sumber belajar dan pembelajaran



-        -  Proses pembelajaran hanya terjadi jika ada Interaksi antara learned dengan sumber belajar
-        -  Guru hanya satu jenis sumber belajar, tugas guru menciptakan interaksi
-         - Semakin banyak jenis sumber belajar, semakin besar kemungkinan terjadinya proses belajar
- Definisi mengajar >>> kegiatan yang terencana untuk  Menciptakan terjadinya Kegiatan Belajar untuk orang lain 
 
Tugas Guru
-          Menyediakan sebanyak mungkin sumber belajar
-          Memberi kesempatan sebanyak mungkin siswa berinteraksi dengan sumber belajar

Guru ke 3 yang sangat fenomenal sekarang adalah TIK/ Media/ internet/ Gadget

-          TIK adalah bagian hidup dari anak sekarang
-          Kaum digital suka media yang multi tasking
-          Ingat !!!! TIK bukan segala-gala nya hati-hati dengan Internet
-      Konten-konten pendidikan banyak tapi TIK hanyalah media, secanggih apapun media pasti punya kelemahan
-          Maka Guru tetap di perlukan karena guru bukan hanya transfer ilmu tapi adalah menciptakan kegiatan belajar dengan berbagai sumber belajar dan menjadi pembimbing dan mengarahkan.

 Pemanfaatan ICT/ TIK

-          Gudang Ilmu pengetahuan
-          Alat bantu pembelajaran
-          Fasilitas pendidikan
-          Standar Kompetensi
-          Penunjang Administrasi Pendidikan
-          Alat Bantu Management sekolah
-          Infrastruktur sekolah

Program unggulan PUSTEKKOM  tersedia 13610 bahan belajar digital dan Gratis !!!
 
-          Rumah belajar
-          Portal m-edukasi.net
-          Suara edukasi
-          Film pendidikan
-          Anugrah kihajar

Jenis Layanan BPMRPK
-          Model-model pembelajaran berbasis media radio/audio
-          Bahan siar radio pendidikan (on air)
-          Bahan ajar audio pendidikan

Media Audio
-          Bisa asal tepat sasaran
-          Semua jenis media punya kelebihan dan kekurangan
-          Media audio : praktis, murah, mudah diterapkan, cocok dengan tingkat kesiapan anak
-          Audio mampu ciptakan imajinasi anak dan tumbuhkan karakter


Produk BPMRPK Untuk PAUD > MAPAUD
Adalah produk berbentuk rekaman audio yang dikemas dalam kaset/ cd yang berisi materi auditif-kreatif , menerapkan prinsip belajar dengan bermain melalui bernyanyi, mendongeng, permaianan  dan nyanyian dan permainaan, dimanfaatkan secara klasikal, mengandalkan audio sehingga siswa lebih konsentrasi, berorentasi pada perkembangan anak PAUD dan di awasi oleh guru

-          MAPAUD Permainan
-          MAPAUD Nyanyian
-          MAPAUD Cerita
-          MAPAUD bermain sambil menyanyi
Radio edukasi

Proses pembelajaran akan terjadi karena interaksi antar siswa, antar lingkungan, antar sekolah dan guru membuat anak melakukan interaksi itu

www.radioedukasi@kemdikbud.go.id
0 Responses